Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2007

Keperluan surat-menyurat bagi perusahaan, instansi, dan lembaga biasanya dibuat dengan menyertakan kepala surat. Kepala surat biasa disebut juga dengan kop surat. Kop surat ini biasanya berisi logo, nama, alamat, nomor telepon, email, dan situs web resmi. Jika ingin membuat kop surat yang tampak mewah, maka perlu menggunakan software desain grafis. Namun jika ingin membuat kop surat yang sederhana, maka bisa dengan cara menggunakan software pengolah kata seperti di Microsoft Word 2007.

Cara pertama membuat kop surat di Word 2007

1. Pilih menu View, lalu pastikan halaman kerja Microsoft Word 2007 sudah dalam mode Print Layout. Jika belum, klik tombol Print Layout tersebut.

View Print Layout

2. Jika dokumen sudah dalam mode View Page Layout. Lalu double klik (klik dua kali) pada bagian Header, yaitu bagian atas dokumen yang sedang ditampilkan untuk menuju pengeditan header.

Header Microsoft Word 2007

3. Berikan tanda centang pada opsi Different First Page. Different First Page ini ditujukan untuk menjadikan kop surat tampil di halaman pertama saja, sedangkan di halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan kop surat.

Different First Page

4. Pilih menu View lalu centang opsi Ruler. Pada ruler bagian atas geser dari kiri ke tengah secukupnya. Tidak perlu ke tengah pas, namun perkirakan biar cukup untuk ditempati logo nantinya.

View Ruler

5. Ketik nama, alamat, nomor telepon, email, dan situs web resmi di header tersebut. Lalu tambahkan juga satu baris kosong di baris terakhir header untuk membuat garis nantinya.

Teks Kop Surat

6. Pilih menu Insert, klik Picture dan cari logo untuk ditambahkan ke kop surat. Lalu buat gambar menjadi mode In Front of Text. Bisa dengan klik kanan gambar, pilih Text Wrapping dan klik In Front of Text.

Insert Picture Kop Surat
Insert Picture Logo Kop Surat
In Front of Text

7. Atur ukuran dan posisi logo di header.

Logo Kop Surat

8. Pilih dan blok baris kosong pada baris terakhir untuk membuat garis kop surat. Bisa dengan klik lalu drag ke kanan sedikit.

Garis Kop Surat

9. Pilih menu Home dan klik Borders and Shading.

Borders and Shading

10. Pada jendela Borders and Shading pilih Setting mode Custom. Lalu atur garis, apakah ingin garis sambung atau putus-putus, apakah ingin garis warna hitam atau warna lainnya, dan apakah ingin garis tebal atau tipis. Pada Preview, tambahkan pada bagian atas paragraf. Lalu klik OK.

Jendela Borders and Shading

11. Atur garis tersebut biar rata, bisa dengan menarik ruler ke kiri.

Ruler Garis 1

12. Jika sudah pas, double klik pada bagian tengah dokumen untuk menutup pengeditan header, bisa juga dengan pilih menu Design, lalu klik Close Header and Footer.

13. Dokumen Kamu sudah memiliki kop surat dan siap digunakan. Biasanya ditunjukkan dengan tampilan berwarna abu-abu di header dokumen.

Kop Surat Mello ID 1

Cara kedua dengan metode tabel

Cara lain untuk membuat kop surat di Microsoft Word 2007 bisa dilakukan dengan metode tabel. Kendati caranya berbeda dengan cara pertama, namun hasilnya bisa disamakan. Lalu bisa dibilang langkah-langkah di cara kedua ini justru lebih mudah.

1. Buat tabel dengan 1 baris dan 2 kolom. Bisa dengan pilih menu Insert, lalu klik Table.

Insert Table Microsoft Word 2007

2. Pilih Insert Table, lalu pada Table size masukkan Number of columns 2 dan Number of rows 1.

Jendela Insert Table

3. Atur garis tabel biar bisa diisi dengan logo pada bagian kiri dan nama, alamat, nomor telepon, email, dan situs web pada bagian kanan.

Tabel 1
Tabel 2

4. Tulis informasi sesuai dengan yang ingin dimasukkan di tabel bagian kanan.

Tabel Kop Surat 1

5. Masukkan logo di tabel bagian kiri.

Tabel Kop Surat 2

6. Hapus tabel dengan klik CTRL + A. Lalu pilih menu Home dan klik No Border.

Tabel Kop Surat No Border

7. Lalu bisa menambahkan garis bawah dengan cara yang sama dengan cara pertama di atas.

Kop Surat Mello ID 2

Penutup

Cara membuat kop surat di Microsoft Word 2007 di atas juga bisa diterapkan di versi lain, seperti versi 2010, 2013, dan 2016. Tentu dari segi tampilannya tampak berbeda, namun inti menu yang digunakan adalah sama.