Menu Close

Hikmah dari Perilaku Jujur bagi Diri Sendiri

Jujur artinya berbicara maupun melakukan sesuatu sesuai dengan apa adanya. Lawan kata jujur yaitu dusta, artinya berbicara maupun melakukan sesuatu tidak sesuai dengan apa yang ada.

Sikap jujur termasuk sikap positif yang perlu dipunyai tiap-tiap orang. Kejujuran bisa menunjukkan jalan kebaikan. Bahkan sikap jujur termasuk salah satu faktor penting tegaknya dunia, sebab kehidupan dunia dapat hancur di atas kebohongan, khianat, dan kecurangan.

Hikmah dari Perilaku Jujur

Hikmah dari perilaku jujur bagi diri sendiri antara lain meliputi berikut ini.

1. Perasaan enak serta hati tenang

Jujur akan menjadikan hati kita merasa tenang, tidak perlu takut akan diketahui bohongan, sebab tidak melakukan kebohongan.

Kejujuran menghasilkan kepercayaan, sementara itu dusta membuat orang lain menjadi tidak mempercayainya. Jujur membuat hati kita tenang, sementara itu berbohong membuat hati menjadi was-was.

2. Orang jujur akan mendapatkan kebahagiaan.

Kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan kita ke kebahagiaan. Saat kita berbicara jujur, tidak akan ada ketakutan yang mengikuti maupun kekhawatiran mengenai terungkapnya sesuatu yang tidak kita ucapkan.

3. Memperoleh kemudahan dalam hidup

Orang jujur senantiasa memperoleh berkah di mana pun. Bisa kita lihat dalam hidup sehari-hari bahwa orang yang jujur akan menemukan kemudahan dalam segala urusannya. Sementara itu, orang yang tidak jujur atau bohong akan menemui kesulitan dalam segala urusannya.

4. Orang jujur akan mendapatkan banyak teman

Orang jujur cenderung disukai oleh banyak orang. Seseorang yang terbiasa berbicara jujur akan merasa tidak nyaman ketika dia berbicara bohong meski cuma sekali.

5. Selamat dari bahaya.

Kejujuran akan menyelamatkan kita dari bahaya. Sebaliknya, suatu kebohongan bisa jadi sangat berbahayanya. Kebohongan akan membuat pelakunya menjadi tidak dipercaya oleh orang lain.

Orang yang telah berbuat kebohongan akan terus berbohong sebab untuk menutupi kebohongan yang diperbuat, dia akhirnya berbohong lagi. Bersyukurlah untuk orang yang pernah berbohong, namun kemudian menyadari serta mengakui kebohongannya tersebut sehingga memutuskan mata rantai kebohongan.

Incoming search terms:

  • sebutkan hikmah dari perilaku jujur.