Jenis-Jenis Media Komunikasi Meliputi Apa Saja?

Media komunikasi merupakan alat atau cara menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Banyak jenis media komunikasi yang bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mentransisikan pesan. Media ini bertindak sebagai saluran untuk menghubungkan pengirim dan penerima sehingga dapat berinteraksi satu sama lain.

Berdasarkan jenis, media komunikasi bisa dikategorikan menjadi 3 macam, yakni sebagai berikut.

1. Media komunikasi audio

Media komunikasi audio adalah jenis alat komunikasi yang menghasilkan suara.

a. Radio

Radio merupakan media komunikasi menggunakan suara melalui siaran yang bisa didengar dengan frekuensi yang dijangkaunya. Siaran ini merupakan transmisi oleh gelombang radio yang ditujukan untuk menjangkau publik. Meskipun sekarang ini, alat komunikasi lain semakin modern, radio tidak ditinggalkan begitu saja. Alat ini biasa digunakan untuk siaran berita dan untuk mendengarkan musik.

Radio
Credit: Freepik/Zirconicusso

b. Tape recorder

Tape recorder adalah alat perekam dan reproduksi suara yang dapat merekam dan memutar suara. Alat ini biasanya menggunakan pita magnetik untuk media penyimpanannya.

Tape Recorder
Credit: Amazon

c. Telepon

Telepon merupakan media yang bisa digunakan untuk komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara. Media komunikasi ini memiliki beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

i. Pesawat telepon

Pesawat telepon merupakan telepon yang biasa dipakai di rumah dan di kantor menggunakan kabel jaringan. Telepon ini dapat untuk menyambungkan atau mengalihkan ke telepon lain secara langsung.

Pesawat Telepon
Credit: argos.co.uk

ii. Telepon seluler

Telepon seluler biasa disebut juga sebagai telepon genggam, telepon ini yang tidak perlu disambungkan ke kabel jaringan dan bisa dibawa ke mana-mana. Telepon seluler memiliki 2 jenis, yaitu GSM dan CDMA.

Telepon Seluler
Credit: Stockvault

iii. Telepon pintar

Telepon pintar merupakan telepon yang menggabungkan bermacam-macam fungsi dari telepon seluler, PDA, kamera, camcorder, komputer, dll. Penggabungan tersebut menjadikan alat ini memiliki kegunaan yang sangat banyak, sehingga tidak sekadar untuk telepon menelepon saja. Namun biasanya memerlukan sistem operasi khusus, misalnya adalah Android, Windows Phone, dan iOS.

Telepon Pintar
Credit: Freepik/Lifeforstock

d. Bedug

Bedug merupakan media komunikasi yang terbuat dari bahan kayu dengan bentuk silinder. Namun di bagian tutup biasanya terbuat dari bahan kulit hewan, yakni ditujukan untuk dapat menghasilkan suara yang keras. Di Indonesia, bedug biasa digunakan sebagai penanda masuknya waktu salat.

Bedug
Credit: Facebook

e. Kentongan

Kentongan merupakan media komunikasi yang terbuat dari batang bambu atau bisa juga dari batang kayu jati yang dipahat. Batang pohon tersebut dilubangi sedemikian rupa, lalu cara menggunakannya dengan dipukul untuk menghasilkan suara. Penggunaan kentongan biasa ditujukan sebagai penanda waktu, untuk tanda bahaya, untuk mengumpulkan massa, dll.

Kentongan
Credit: drumvictoria.com

2. Media komunikasi visual

Media komunikasi visual adalah jenis alat komunikasi yang berupa gambar.

a. Surat atau pos

Surat atau pos adalah media pengiriman kartu pos , surat , dan paket melalui layanan pengiriman atau pengangkutan. Komunikasi ini biasanya memerlukan waktu yang cenderung lama dan tidak gratis.

Surat Pos
Credit: Freepik/Yurlick

b. Poster

Poster merupakan media komunikasi yang biasanya ditempelkan ke media dinding atau media lainnya yang memiliki permukaan vertikal. Komunikasi melalui poster umumnya bersifat sementara dan ditujukan untuk konsumsi massal di ruang publik.

Biasanya poster menyertakan unsur teks dan grafis , meskipun dapat juga berupa teks sepenuhnya maupun grafis seluruhnya. Namun yang pasti, poster perlu didesain hingga menarik dan informatif. Lalu dapat dicetak ke bahan poster.

Bahan Banner Dan Kertas Poster
Credit: Freepik

c. Banner

Banner umumnya mengacu pada media komunikasi yang memiliki bentuk segi empat yang membentang secara vertikal. Banner ini memiliki banyak jenis, antara lain yaitu standing banner, spanduk, bendera, dll.

Bahan Banner Polyester
Image credit: ffis.co.uk

d. Surat kabar

Surat kabar biasa disebut juga sebagai koran, merupakan publikasi berkala yang biasanya berisi berita-berita baru dengan macam-macam topik tentang kejadian terkini. Biasanya dipublikasi dengan teks yang didominasi warna hitam dengan latar belakang warna putih atau abu-abu.

Berita-berita di surat kabar dapat mencakup berbagai bidang seperti politik, bisnis, olahraga, seni. Lalu juga dapat menyertakan kolom opini, ramalan cuaca, ulasan layanan lokal, teka-teki silang , kartun editorial, komik, dll.

Surat Kabar
Credit: Freepik/Macrovector

e. Papan pengumuman

Papan pengumuman biasa ditujukan untuk target audiens pada lingkup tertentu. Papan ini bisa digunakan untuk mengumumkan informasi yang perlu diketahui oleh banyak orang. Informasi tersebut bisa meliputi iklan produk, pengumuman kejadian, pemberitahuan peringatan, dan informasi lainnya. Papan pengumuman banyak ditemui di lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, tempat umum, fasilitas umum, dll.

Papan Pengumuman
Credit: Amazon

f. Majalah

Majalah merupakan publikasi yang biasanya diterbitkan berkala. Namun berbeda dengan surat kabar, publikasi ini kebanyakan berisi artikel-artikel dari berbagai penulis yang berupa cerita pendek, ulasan, topik tertentu, dll.

Majalah
Credit: Freepik

3. Media komunikasi audio visual

Media komunikasi audio visual adalah jenis alat komunikasi yang biasanya berupa gambar bergerak dengan suara.

a. Televisi

Televisi biasa disingkat menjadi tv, merupakan media komunikasi yang digunakan untuk mentransmisikan gambar bergerak dengan suara. Televisi adalah media massa untuk iklan, hiburan, berita, dll.

Televisi
Credit: Freepik/Zlatko_plamenov

b. Video bersuara

Video bersuara merupakan gambar bergerak dengan suara yang disinkronkan, atau suara yang digabungkan dengan gambar menggunakan peralatan teknologi.

c. Film bersuara

Film suara adalah lawan dari film bisu. Film bisu diproduksi tanpa dialog dan rekaman suara. Lalu seiring berjalannya waktu, berkembang film dengan suara ini.