Apa itu Kelas Maya?

Sekarang ini pasar pendidikan dan pelatihan sangat kompetitif. Banyak lembaga yang mencari peluang baru melalui dunia digital. Lalu mereka membuat keputusan untuk dapat melakukan proses pembelajaran secara online. Namun kendati dunia digital memiliki banyak peluang, kadang-kadang sulit untuk memahaminya. Bagi yang baru memasuki bidang teknologi untuk pendidikan mungkin menemui istilah yang masih terasa asing di telinga. Misalnya adalah kelas maya.

Jika Kamu melakukan pencarian apa itu kelas maya di mesin pencari, maka Kamu menemukan berbagai definisi. Beberapa dari mereka mungkin menghubungkannya dengan materi pelajaran, pekerjaan rumah, dan tugas yang digunakan untuk pembelajaran mandiri. Namun, semua kegiatan itu adalah bagian eksternal. Yang benar adalah, definisi kelas maya harus terkait dengan pembelajaran online yang dapat terjadi secara real time. Ruang kelas ini harus dapat memberikan siswa pengalaman pembelajaran yang serupa dengan kelas tatap muka konvensional. Jadi apa definisi dari kelas maya?

Definisi Kelas Maya

Kelas Maya adalah ruang kelas online yang dibuat untuk pembelajaran dan dapat diakses, disimpan, dan dibagikan melalui perangkat digital. Ruang ini bisa memfasilitasi pembelajaran secara langsung, baik satu indivdu ke satu individu ataupun untuk kelompok. Dapat melalui streaming audio dan video, papan tulis interaktif, penyimpanan file untuk sharing, dan obrolan teks. Kegunaannya masing-masing adalah di bawah ini.

  1. Streaming video, ditujukan bagi guru dan siswa untuk dapat saling melihat.
  2. Streaming audio, ditujukan bagi guru dan siswa untuk dapat saling mendengar.
  3. Papan tulis online interaktif, ditujukan bagi guru untuk dapat membagikan tulisan di papan untuk banyak hal yang berguna terkait pembelajaran. Lalu para peserta dapat berinteraksi pada halaman online yang sama.
  4. Penyimpanan file untuk sharing, ditujukan bagi guru dan siswa untuk dapat mengunggah file, lalu dapat mengunduhnya satu sama lain.
  5. Obrolan teks, ditujukan untuk dapat melakukan dan mendapatkan umpan balik dengan cepat dan juga interaksi langsung antara guru dengan siswa.

Dalam kelas ini, guru memiliki peran sebagai moderator yang penting untuk memandu proses pembelajaran dan mendukung kegiatan pembelajaran di ruang kelas.

Sebagian besar kelas maya diakses melalui software berbasis cloud. Dengan begitu, kelas bisa diarahkan secara langsung oleh lembaga pendidikan itu sendiri. Guru dan siswa tidak perlu mengunduh software tambahan untuk menggunakannya. Namun dapat diakses secara langsung dari komputer, laptop, tablet, dan bahkan smartphone.

Ruang kelas ini memiliki potensi untuk memberikan surplus nilai yang signifikan untuk pembelajaran online. Ruang ini dapat menciptakan standar baru dalam pengalaman belajar yang melampaui ruang kelas konvensional. Namun tentu kelebihan dan kekurangan kelas maya juga perlu dipertimbangkan.

Ruang Kelas Maya

1. Aksesibilitas

Ruang kelas maya mudah digunakan untuk menyampaikan kuliah dan bahkan tutorial online. Ruang kelas ini juga merupakan pilihan bagus untuk pertemuan dadakan dan proyek kelompok di mana peserta perlu memeriksa perkembangan ide satu sama lain.

2. Mobile

Beberapa tahun yang lalu, kelas maya melalui smartphone belum dioptimalkan. Namun waktu telah berubah, jika peserta sedang tidak dapat mengakses komputer, sekarang beberapa memungkinkan untuk diakses melalui smartphone. Dengan demikian, mereka memiliki lebih banyak peluang untuk dapat terlibat dengan pembelajaran.

3. Interaktif

Salah satu ciri khas yang membedakan ruang maya dari ruang konvensional adalah fleksibilitas untuk menyampaikan pembelajaran. Dalam kelas konvensional, siswa duduk di kelas, lalu mendengarkan guru dan membuat catatan. Namun ruang kelas ini memberi siswa kebebasan yang lebih besar untuk terlibat dengan materi secara kreatif dan beradaptasi. Lalu dapat melakukan umpan balik berdasarkan masukan mereka.

4. Tanpa batasan

Kelas maya memungkinkan guru dan siswa di manapun untuk dapat berpartisipasi di dalam ruang kelas secara langsung untuk berinteraksi. Pembelajaran ini juga memungkinkan untuk merekam kelas saat berlangsung, termasuk setiap presentasi audio dan video. Lalu konten dapat dikirim dan diakses bagi mereka yang menginginkannya.

5. Real time

Kelas konvensional mengharuskan guru dan siswa berada di waktu yang sama untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Namun pada kelas maya, guru dapat memposting pelajaran pada satu waktu dan siswa dapat menyelesaikannya kapan saja sesuai dengan jadwal.