Kelebihan dan Kekurangan dari Kelas Maya

Perkembangan teknologi penting untuk bisnis apapun. Bahkan lembaga pendidikan mengingat hal ini seperti halnya bisnis lainnya. Salah satu cara yang dikembangkan oleh mereka adalah program ruang kelas maya. Program ini banyak yang menilainya efektif untuk bidang pendidikan. Kendati demikian, kelas maya memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain adalah di bawah ini.

Kelebihan Kelas Maya

1. Proses pembelajaran lebih fleksibel dan interaktif daripada kelas konvensional

Bentuk pembelajaran apapun, penting untuk dilakukan dengan fleksibilitas dan interaktif. Kelas maya dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki komputer, tablet, dan smartphone. Kelas ini menghilangkan keterbatasan waktu dan lokasi yang dimiliki oleh kelas konvensional. Dengan kelebihan ini, siswa lebih memiliki kebebasan untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaan kapan dan di mana saja sesuai dengan jadwal.

2. Dapat mendorong siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri

Sumber daya yang ditawarkan kelas maya telah terbukti efektif. Menyajikan materi dengan cara ini memungkinkan siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri. Lalu siswa memiliki kendali yang lebih besar tentang bagaimana dan kapan untuk mengaksesnya. Dengan begitu, siswa dapat mengambil kendali penuh untuk mempelajari materi dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan belajar.

3. Akses pembelajaran bisa di mana saja dan kapan saja

Siswa memiliki kebebasan untuk mengakses dan belajar di mana saja dan kapan saja sesuai dengan jadwal. Misal sedang keluar kota untuk urusan tertentu, dapat mengikuti kelas karena yang dibutuhkan adalah laptop atau perangkat digital lainnya.

Setelah masuk dan berada di ruang kelas. Siswa dapat mengakses tugas, mengirim pekerjaan rumah, menonton presentasi, bergabung diskusi dengan peserta lain, menghubungi guru, dan melakukan umpan balik.

4. Dapat dibuat dengan terstruktur dan terjadwal

Program kelas maya dapat dibuat dengan terstruktur dan dapat disesuaikan waktu yang harus dipenuhi. Baik saat mengikuti tes, memposting tugas, menonton presentasi, dan berpartisipasi dalam diskusi dengan sesama siswa di ruang kelas. Namun dalam struktur program, siswa harus mengatur waktu untuk dapat berpartisipasi yang disesuaikan dengan jadwal.

5. Dapat meningkatkan keterampilan digital

Sambil meningkatkan pengetahuan untuk materi pelajaran, kelas maya memiliki kelebihan untuk meningkatkan keterampilan digital pada teknologi pembelajaran online yang canggih. Ketika siswa terus belajar secara online, siswa akan menjadi produktif menggunakan alat online yang interaktif seperti email dan software digital.

Kekurangan Kelas Maya

1. Membutuhkan koneksi internet yang memadai

Siswa dan guru harus mempunyai koneksi internet yang memadai karena kelas maya berbasis cloud.

2. Membutuhkan peralatan komputer yang memadai

Jika software pembelajaran tidak bekerja dengan baik dengan komputer, atau koneksi Internet putus di tengah-tengah pelajaran. Maka peserta justru dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk software komputer atau memperbaiki koneksi komputer daripada mempelajari materi.

3. Dapat mengurangi pembelajaran sosial antar siswa

Mengikuti kelas konvensional adalah kegiatan yang terjadi dalam konteks sosial. Sedangkan di ruang kelas maya tidak berinteraksi dengan orang lain secara langsung di lokasi. Bagian penting dari kelas konvensional adalah sosialisasi yang disertai dengan menghabiskan waktu bersama teman sebaya. Sama seperti kekurangan untuk home schooling adalah kurangnya sosialisasi bagi siswa, belajar melalui ruang kelas maya memiliki kekurangan yang sama.

4. Beberapa siswa mungkin menganggapnya tidak personal

Tentu akan selalu ada orang yang akan jauh lebih suka belajar secara langsung daripada belajar digital. Bahkan beberapa guru dan siswa mungkin merasa tidak nyaman sepenuhnya dengan metode ruang kelas ini.

5. Beberapa guru dan siswa mungkin membutuhkan pelatihan tambahan

Sebagian besar ruang kelas maya dibuat untuk dapat digunakan secara intuitif. Sebagian besar guru dan siswa merasa nyaman teknologi semacam ini. Namun, beberapa guru dan siswa lain mungkin kurang percaya diri menggunakan alat digital dan mungkin memerlukan dukungan tambahan untuk dapat memulainya.

Penutup

Ruang maya harus dilihat sebagai pelengkap dan perluasan bentuk pembelajaran dari ruang konvensional. Dengan begitu, tidak dapat sepenuhnya menggantikan kelas konvensional dengan banyaknya kekurangan di samping kelebihan kelas maya. Jadi kesimpulannya, kelas konvensional tidak boleh diganti sepenuhnya dengan kelas ini.