Menu Close

Beberapa Kerja Sama ASEAN di Bidang Pangan

Tiap-tiap negara di Asia Tenggara menyadari bahwa diperlukannya pembentukan kerja sama untuk membangun rasa saling mempercayai dan mendorong kerja sama untuk membangun kawasan.

Selain itu, tingkat kebutuhan antar negara yang kian meningkat membuat tiap-tiap negara untuk melakukan kerja sama. Kerja sama bisa diadakan dalam bentuk saling tukar teknologi, bantuan modal, informasi, transportasi, perdagangan, dll yang bersifat saling menguntungkan.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Pangan

Tiga kerja sama ASEAN dalam bidang pangan antara lain meliputi berikut ini.

1. Kerja sama dalam AIFS (ASEAN Integrated Food Security). Tujuan dari AIFS Framework adalah untuk memastikan ketahanan pangan jangka panjang dan meningkatkan mata pencaharian petani di ASEAN.

2. Penerapan ASEAN GAP untuk standar agrikultur semama proses produksi, panen, serta penanganan pasca panen sayur serta buah segar di kawasan Asia Tenggara.

3. Kerja sama dalam Framework and Strategic Plan of Action on ASEAN Food Security.

Hubungan sebuah negara dengan negara yang lain memanglah tidak terlepaskan dari keperluan nasional tiap-tiap negara. Seluruh negara pasti ingin jadi maju. Tetapi untuk menjadi maju, sebuah negara membutuhkan negara lainnya.

Negara anggota ASEAN perlu mengembangkan kerja sama untuk menghasilkan produk makanan yang berkualitas. Kerja sama negara anggota ASEAN dalam sektor pertanian diharapkan bisa turut bersaing dalam era globalisasi.

Incoming search terms:

  • tuliskan tiga kerja sama asean di bidang pangan.