Apa itu Kertas Art Carton serta Kegunaannya?

Di pasar terdapat macam-macam kertas dengan gramasi dan harga yang bervariasi. Kertas paling umum yang biasa kita gunakan untuk keperluan tulis menulis adalah HVS, terdapat juga kertas yang banyak digunakan untuk kebutuhan percetakan, yaitu Art Carton. Berikut adalah pengertian, kegunaan, ukuran, dan gramasi untuk Kertas Art Carton.

Apa itu Kertas Art Carton?

Art Carton adalah salah satu jenis kertas coated, yang di mana kertas ditambahkan lapisan hingga memiliki permukaan yang cenderung halus. Pada kedua sisinya, baik itu sisi depan maupun belakang, memiliki permukaan yang serupa. Penyebutan nama kertas ini biasa juga dengan singkatan AC.

Kertas AC ini memiliki permukaan glossy, yaitu terlihat mengkilap. Ketika diraba kertas ini terasa licin, oleh sebab itu tidak cocok untuk keperluan menulis, karena tidak mudah menyerap tinta pulpen. Meskipun tidak cocok untuk tinta pulpen, AC dapat bekerja dengan tinta mesin printer, oleh karena itu banyak digunakan untuk kebutuhan percetakan.

Kertas ini juga bisa ditambahkan lapisan laminasi, semisal jika menginginkan Art Carton untuk terlihat doff daripada glossy. Maka bisa menambahkan lapisan laminasi doff.

Namun perlu diingat, jika kertas AC ini dilaminasi doff, maka meninggalkan beberapa ciri-ciri aslinya. Semisal tanpa laminasi, AC yang permukaannya terlihat glossy dengan teksturnya yang licin, dia biasannya tidak mudah menyerap debu, justru lebih mudah dibersihkan ketika terkena debu. Namun jika dilaminasi, maka permukaannya dapat berubah sesuai ciri-ciri dari lapisan laminasi yang digunakan. Selain mudah dibersihkan dari debu, kertas ini juga cenderung tahan terhadap kelembapan.

Kegunaan

Kedua sisi Art Carton biasanya berwarna putih, yang di mana menjadikan kertas ini cukup netral untuk diisikan dengan warna apapun. Kertas ini dapat diprint full color dua sisi atau bolak balik. Lalu dengan ketebalannya, dapat dipastikan gambar hasil cetak tidak terlihat tembus ke sisi belakangnya.

Selain cukup netral, kertas AC cocok untuk mencetak gambar dengan warna yang tajam. Bagus atau tidaknya hasil cetak berdasarkan kualitas mesin printer yang digunakan.

Penggunaan kertas ini bisa didasarkan dengan gramasinya. Di industri percetakan, kertas AC banyak digunakan untuk cetak kartu nama, undangan, sampul buku, poster, kalender, bahkan paper bag dan box.

Pada pembuatan paper bag dan box dengan kertas, biasanya dibuatkan pola dengan menyesuaikan bentuk yang diinginkan. Pola diaplikasikan ke pisau pond, yakni acuan besi tajam dengan bentuk pola yang ditempelkan pada papan kayu. Pisau pond dapat digunakan untuk memotong kertas sesuai dengan polanya. Pada kartu nama yang di bagian tepinya melengkung, dapat juga dengan proses ini.

Perbedaan Art Carton dengan Art Paper

Pada dasarnya Art Carton memiliki ciri-ciri yang serupa dengan Art Paper, namun memiliki ketebalan yang berbeda. Oleh sebab itu, fungsinya pun berbeda. Art Paper biasanya ditujukan untuk kertas isi buku, flyer, dan kebutuhan kertas tipis lainnya.

Ukuran Kertas Art Carton

Kertas Art Carton yang terdapat di pasar biasanya dengan ukuran plano dan A3+. Jika memerlukan untuk ukuran lain, maka bisa menggunakan jasa pemotongan ukuran kertas.

Namun jika di percetakan, biasanya bisa langsung mendapatkan ukuran sesuai dengan produk yang dipesan. Kecuali jika mereka tidak mereka tidak mempunyai mesin potong ukuran kertas. Tetapi kebanyakan percetakan, umumnya memilikinya.

Semisal jika memesan Kertas Art Carton untuk cetak sertifikat berukuran A4, biasanya pelanggan terima jadi di ukuran A4 pada kertas sertifikat tersebut. Demikian juga, untuk produk lain seperti ukuran kartu nama, ukuran poster, dll.

Gramasi AC

Gramasi mengacu pada GSM, yaitu Gram per Square Meter, pada bahasa Indonesia adalah gram per meter persegi. Semakin tinggi nilai GSM pada Art Carton, maka kertas semakin tebal dan daya tahannya meningkat. Namun harganya juga semakin mahal. Kertas Art Carton ini umumnya mempunyai gramasi antara 190 hingga 400 gsm.

AC 190-260gsm

Pada gramasi 190-260 gsm, kertas ini biasanya digunakan untuk kebutuhan cetak kartu nama, brosur, sampul majalah, undangan, dll.

AC 260-310gsm

Pada gramasi 260-310 gsm, kertas ini biasanya digunakan untuk kebutuhan cetak undangan, map perusahaan, sertifikat, kalender meja, dll.

AC 310-400 gsm

Pada gramasi 310-400 gsm, kertas ini biasanya digunakan untuk kebutuhan cetak paper bag, box, dll.

Referensi:
1. bukalapak.com
2. tokopedia.com