Apa itu Kertas Art Paper dan Kegunaannya?

Banyak jenis kertas yang bisa dipilih untuk berbagai keperluan. Baik itu untuk menulis, menggambar, proyek cetak, kerajinan tangan, ataupun keperluan lainnya. Pemilihan kertas tersebut bisa didasarkan pada keperluan, lalu menyesuaikan karakteristik sesuai dengan kebutuhan. Karakteristik kertas terkait dengan permukaan, warna, dan ketebalannya. Salah satu jenis kertas yang populer di pasaran adalah Art Paper.

Apa itu Kertas Art Paper?

Kertas Art Paper adalah jenis kertas yang memiliki warna putih, permukaan halus, dan terlihat mengkilau di kedua sisinya. Dengan permukaan yang halus tersebut, maka kertas ini tidak cocok untuk menulis. Namun meskipun begitu, Art Paper bekerja dengan baik untuk tinta hitam maupun tinta berwarna dari printer. Cetakan dengan kertas ini kelihatan jelas.

Kertas ini tidak mudah menyerap debu dan tinta. Namun dengan begitu, justru menjadi mudah untuk dibersihkan dari debu dan hasil cetak tampak detail karena tinta berada di permukaan kertas saja.

Dengan menggunakan kertas berkualitas, bukan berarti mengabaikan jenis mesin printer yang digunakan. Mesin printer juga memengaruhi kualitas cetakan. Misalnya ketika mencetak foto di Art Paper dengan memakai mesin printer F4 biasa, maka hasil cetak pun biasanya tidak optimal. Lalu untuk mendapatkan hasil yang optimal bisa menggunakan jasa cetak di percetakan, mereka biasanya menyediakan digital printing atau offset printing.

Ciri-Ciri Art Paper

Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari jenis kertas Art Paper.

1. Memiliki dua sisi yang serupa yaitu licin dan mengkilap.
2. Bisa dicetak di kedua sisi permukaannya.
3. Bisa dicetak dengan digital printing ataupun offset printing.
4. Gramasi reguler yang banyak ditemukan adalah 120gsm dan 150gsm.
5. Hasil cetak lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

Kegunaan

Jenis kertas Art Paper ini banyak digunakan untuk flyer, katalog, poster, voucher, majalah, dan kalender dindig. Kertas ini lebih tahan lama jika dibandungkan dengan kertas HVS yang terlalu tipis dan mudah sobek atau robek. Lalu untuk poster, karena kertas ini tampak mengkilau, maka sebaiknya dipasang untuk ruangan yang tidak memiliki pencahayaan tinggi dan tidak di bawah lampu secara langsung. Namun Art Paper mendukung laminasi doff. Dengan menambahkan lapisan laminasi tersebut, kertas ini bisa tampak jelas meskipun dipasang di ruangan dengan pencahayaan tinggi.

Penutup

Jika Kamu tertarik untuk menggunakan jenis kertas Art Paper ini, bisa memesan sampel di percetakan terlebih dahulu untuk memastikan kecocokannya. Terutama jika memiliki keperluan dengan kuantitas yang banyak, sebaiknya melihat sampelnya secara langsung terlebih dahulu. Termasuk laminasinya, apakah ingin doff, glossy, atau justru tidak memerlukan laminasi. Lalu bisa membandingkan perbedaannya secara langsung.

Jika Kamu pergi ke percetakan, bisa berkonsultasi dengan bagian penjualannya. Namun jika ingin memesan kertasnya saja bisa ke toko kertas dan juga bisa secara online. Biasanya di toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia banyak yang menyediakannya.