Apa itu Kertas Buffalo serta Kegunaannya?

Di pasaran tersedia banyak jenis kertas dengan berbagai karakteristik yang berbeda. Ketika kita ingin menggunakannya untuk keperluan tertentu, maka perlu menyesuaikannya dengan karakteristik kertas yang tepat. Misalnya terkait dengan permukaan, warna, dan ketebalan. Salah satu contoh kertas yang populer adalah Kertas Buffalo.

Apa itu Kertas Buffalo?

Kertas Buffalo adalah kertas yang memiliki tekstur seperti guratan kayu dengan permukaan yang relatif kasar. Kertas ini biasanya tersedia dengan berbagai opsi warna yang bisa dipilih. Gramasi reguler yang banyak disediakan adalah 150gsm, 210gsm, 230gsm, dan 250gsm. Semakin tinggi gramasi, maka tingkat ketebalan kertas semakin meningkat.

Beberapa orang menyamakan kertas ini dengan Kertas Linen Jepang karena memiliki tekstur, namun tidak demikian. Tekstur pada Linen meniru pada kain linen atau kanvas dan tampak terangkat, sedangkan tekstur Kertas Buffalo ini tampak abstrak. Lagi pula Linen biasanya digunakan untuk keperluan mewah seperti undangan pernikahan dan sertifikat. Sedangkan kertas ini biasa ditujukan untuk keperluan yang lebih umum.

Kegunaan

Kebanyakan orang menggunakan kertas ini untuk sampul jilid buku, map, dan kerajinan tangan. Di kalangan mahasiswa biasanya digunakan untuk sampul makalah dan proposal penelitian. Di kalangan pelajar bisa dipilih untuk alternatif bahan baku kerajinan tangan.

Di gramasi 150gsm hingga 230gsm, kertas ini bisa ditujukan untuk jilid buku, map, dan kerajinan tangan. Lalu di gramasi 250gsm, kertas ini telah bisa digunakan untuk paper bag kecil dan bisa untuk membawa barang belanjaan yang ringan hingga sedang.

Ukuran Kertas Buffalo

Ketika memesan Kertas Buffalo biasanya kita bisa memilih untuk ukuran jadi ataupun ukuran plano. Ukuran plano adalah ukuran yang belum dipotong, bentuknya masih lembaran berukuran besar, biasanya di ukuran 79 x 109 cm. Memesan dengan bentuk plano biasanya lebih murah, namun tentu harus memotongnya di rumah.

Jika ingin lebih mudah, maka bisa memastikan berapa ukuran kertas yang Kamu butuhkan. Lalu memesannya dengan ukuran jadi atau menyewa jasa pemotongan kertas.

Penutup

Jika Kamu tertarik menggunakan Kertas Buffalo ini, bisa memesannya di toko kertas dan percetakan. Namun jika ingin memesannya secara online, di toko online seperti BukaLapak dan Tokopedia biasanya banyak juga yang menyediakannya.