Apa itu Kertas Doorslag serta Kegunaannya?

Dari awal kertas diciptakan untuk dokumentasi tulisan dan gambar. Lalu seiring berjalannya waktu, sekarang ini tersedia berbagai jenis kertas yang masing-masing dengan karakteristik khusus dan bisa dipilih sesuai dengan penggunaannya. Misalnya untuk buku tulis, novel, brosur, poster, nota, dan banyak lagi. Salah satu contoh kertas untuk nota adalah Kertas Doorslag.

Apa itu Kertas Doorslag?

Kertas Doorslag adalah jenis kertas yang sangat tipis hingga tampak transparan. Kertas ini memiliki beberapa variasi warna yang bisa dipilih. Biasanya yang paling populer antara lain adalah putih, merah, kuning, hijau, dan biru.

Dengan ketipisannya, kertas ini bisa mudah robek atau sobek jika dibandingkan dengan kertas lain. Oleh karena itu, kertas ini disarankan untuk digunakan pada keperluan jangka pendek.

Di pasaran, kertas ini banyak yang menyediakannya untuk ukuran jadi Folio. Tetapi jika menginginkan ukuran plano, bisa memesannya di toko kertas.

Kegunaan

Kertas Doorslag biasanya digunakan untuk nota, baik itu kuitansi, faktur, dan formulir. Kertas ini bisa disisipkan karbon untuk bisa menembuskan tulisan ke kertas di bawahnya. Lalu beberapa warna kertas ini bisa dimanfaatkan untuk diferensi di masing-masing rangkap dan bisa disesuaikan berapa rangkap yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dokumentasi.

Namun kelihatanya, kertas ini sekarang tidak begitu banyak digunakan. Banyak orang yang beralih menggunakan Kertas NCR. NCR ini seperti halnya Doorslag, memiliki beberapa warna yang bisa ditujukan untuk nota. Namun kelebihan dia adalah tidak perlu menyisipkan karbon, melainkan secara langsung bisa menembuskan tulisan ke kertas yang di bawahnya.

Tetapi NCR biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan Doorslag ini, oleh karena itu bisa dijadikan pilihan alternatif jika mengutamakan harga.

Penutup

Mengacu pada perbandingan Kertas Doorslag dan NCR di atas, maka jika ingin mengejar harga bisa menggunakan kertas ini. Namun jika ingin lebih simpel bisa menggunakan kertas NCR.

Kertas ini biasanya tidak semua percetakan menyediakannya, oleh karena itu jika tidak mendapatinya bisa ke toko kertas. Jika ingin memesannya secara online, di Bukalapak dan Tokopedia biasanya banyak yang menyediakannya.