Apa itu Kertas Kraft serta Kegunaannya?

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat pada persoalan lingkungan. Banyak di kalangan masyarakat yang berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik. Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya dengan mengganti bahan baku pengemas dan bungkus dari bahan plastik ke bahan yang lebih ramah lingkungan. Misalnya dengan menggunakan kertas. Ada banyak jenis kertas yang bisa digunakan, salah satunya adalah Kraft.

Tentu, baik itu plastik ataupun kertas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika dibandingkan, kertas lebih ramah lingkungan daripada plastik. Meskipun kertas bisa memicu deforestasi, namun dampak penggunaan plastik yang berlebihan bisa menimbulkan bahaya lingkungan dan mengancam peradaban. Oleh karena itu, kita pun sebaiknya berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik.

Beberapa perusahaan juga melakukan demikian. Banyak dari mereka yang memilih bahan baku kertas untuk kemasan produk mereka. Tentu, kertas yang diperlukan bukan sekadar kertas tipis yang biasa digunakan untuk tulis menulis, surat menyurat, dokumentasi, dll. Banyak jenis kertas tebal yang bisa dipilih, misalnya dengan Kertas Kraft.

Apa itu Kertas Kraft?

Kertas Kraft adalah kertas yang relatif tebal namun memiliki sifat yang sedikit elastis. Kertas ini kebanyakan digunakan untuk pengemas dan bungkus produk, bukan untuk keperluan tulis menulis.

Jenis Kertas Kraft yang populer di pasaran adalah yang berwarna cokelat. Namun ada juga yang Kraft berwarna putih, yaitu Kraft yang pada proses produksi dibleaching.

Kertas ini ada yang dibuat dengan bahan baku baru, namun ada juga yang dibuat dari bahan baku daur ulang. Yang mana kertas daur ulang ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lebih ramah lingkungan. Namun kekurangan kertas daur ulang, biasanya daya tahannya tidak sekuat kertas yang dibuat dengan bahan baku baru. Lalu juga tidak boleh digunakan untuk bungkus makanan.

Kegunaan

Jika dibandingkan dengan jenis kertas lain yang biasa digunakan untuk tulis menulis seperti HVS, Kertas Kraft ini memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Sifat elastisitasnya juga membuat kertas ini menjadi tidak mudah sobek atau robek. Dengan demikian, Kraft bisa digunakan sebagai pelapis pelindung dan kemasan bermerek. Beberapa di antaranya yang biasa ditemukan adalah sebagai pembungkus kertas plano, paper bag, kantong semen, dll.

Kemasan Kertas Kraft
Kemasan | Credit: Alibaba
Paper Bag Kraft
Paper Bag | Credit: DCGPac
Kantong Semen
Kantong Semen | Credit: ppwovenbag.com

Banyak industri yang memanfaatkan kegunaan kertas kraft. Mereka biasanya dicetak khusus untuk membuat pembungkus dan pengemasan bermerek. Merek bisa ditampilkan di kemasan sebagai sarana pemasaran yang terjangkau dan berkelanjutan.

Jika yang digunakan adalah Kraft yang berwarna cokelat, biasanya kemasan tidak dibuat dengan banyak warna, melainkan dengan logo dan beberapa informasi lain saja. Warna dasar pada permukaan kertas sangat memengaruhi tinta printer dan hasil cetak. Sehingga jika ingin membuat kemasan dengan banyak warna, sebaiknya gunakan kertas berwarna putih. Yang mana bisa dengan mudah diwarnai dengan warna apapun.

Kegunaan Kertas Kraft tidak sekadar untuk pengemas saja. Pembungkus hadiah dan amplop banyak juga yang dibuat menggunakan jenis kertas ini.

Amplop Kertas Kraft
Amplop | Credit: AliExpress

Penutup

Dengan kualitasnya, Kertas Kraft ini bisa membantu bisnis untuk meningkatkan kemasan produk. Namun untuk informasi lebih lanjut, sebaiknya memesan sampel untuk bisa melihatnya langsung dengan jelas. Sampel bisa dipesan di percetakan dan toko kertas. Sedangkan jika ingin memesannya secara online, di BukaLapak dan Tokopedia biasanya banyak juga yang menyediakannya.