Menu Close

4 Tipe Pesawat Sederhana Berdasarkan Prinsip Kerjanya

Segala macam peralatan yang dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia dikenal sebagai pesawat. Kesederhanaan dalam pemakaiannya membuat peralatan itu disebut sebagai pesawat sederhana. Penggabungan beberapa pesawat sederhana bisa membentuk pesawat rumit, misalnya mesin cuci, sepeda, mesin mobil, dll.

Bukan sekadar untuk mempermudah pekerjaan, pesawat sederhana bisa pula menjadikan pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

4 Macam Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana dibagi menjadi 4 jenis, yakni Tuas, Bidang Miring, Katrol, serta Roda Berporos. Supaya lebih gampang untuk memahami 4 jenis pesawat sederhana tersebut, di bawah ini akan dijelaskan satu demi satu.

1. Tuas

Tuas dikenal pula dengan sebutan pengungkit. Secara umum, tuas atau pengungkit memakai batang besi maupun kayu yang dipakai untuk mengungkit sebuah benda.

Misalnya ketika kesulitan menggeser pecahan batu yang besar, maka cara supaya batu bisa digeser adalah dengan menggunakan alat bantu linggis. Linggis termasuk salah satu jenis tuas.

2. Bidang Miring

Bidang miring merupakan permukaan rata yang menghubungkan dua tempat yang memiliki ketinggian berbeda. Misalnya dengan dibikin berkelok-kelok pengendara motor lebih gampang melintasi jalan yang menanjak.

Begitu pula sebuah drum yang dipindahkan ke atas truk, biasanya orang memakai papan sebagai bidang miringnya. Bidang miring punya kelebihan, yakni kita bisa memindah barang ke lokasi yang lebih tinggi dengan gaya yang lebih kecil. Tapi bidang miring juga punya kekurangan, yakni jarak yang di tempuh untuk memindah barang jadi lebih panjang.

3. Katrol

Katrol yaitu roda yang berputar pada poros. Secara umum pada katrol terdapat pula tali maupun rantai sebagai penghubung.

Berdasarkan cara kerjanya, katrol termasuk tipe pengungkit sebab punya titik tumpu, kuasa, dan beban. Katrol dibagi menjadi tiga macam, yakni katrol tetap, katrol, serta majemuk.

4. Roda Berporos

Roda berporos yaitu roda yang dihubungkan dengan suatu poros yang bisa berputar berbarengan. Roda berporos termasuk jenis pesawat sederhana yang biasa ada pada peralatan seperti setir mobil, roda motor, gerinda, dll.

Incoming search terms:

  • sebutkan tiga macam pesawat sederhana.