Menu Close

Apa Saja Manfaat dari Sifat Ikhlas?

Ikhlas artinya apa yang kita perbuat tidak menginginkan pujian dari orang lain. Ikhlas termasuk perilaku terpuji yang mesti diamalkan dalam hidup sehari-hari.

Secara umum kita semua bisa ikhlas dengan berbagai hal. Namun ketika mendapati kejadian yang tidak menyenangkan, misalnya kesulitan hidup serta kehilangan sesuatu yang kita sayangi, maka kebanyakan dari kita akan sulit menerimanya.

Kehilangan dan kekurangan merupakan persoalan yang biasa kita temui selama hidup di dunia ini. Tiap-tiap orang pasti mempunyai berbagai masalah maupun kesulitan. Tingkatan masalah itu pun berbeda-beda pula.

Bagaimanakah cara kita menghadapi berbagai masalah maupun kesulitan tersebut? Salah satu kuncinya terletak pada keikhlasan hati.

Manfaat dari Ikhlas

Manfaat dari sifat ikhlas antara lain meliputi berikut ini.

1. Senang mengerjakan perilaku terpuji serta tidak dipamerkan ke orang lain.

2. Tidak menginginkan sanjungan dari orang lain.

3. Senantiasa berhati-hati dalam bersikap maupun bertindak.

4. Tidak membedakan antara perbuatan baik yang besar maupun kecil.

5. Tidak menghitung-hitung maupun mengungkit-ungkit kebaikan yang telah dilakukan ke orang lain.

Tiap-tiap perbuatan manusia diawali dari niat atau gerak hati. Oleh sebab itu, yang perlu diluruskan paling awal adalah niat di dalam hati. Niat yang baik akan membuahkan perilaku baik. Demikian juga niat yang ikhlas juga akan menuntun ke perbuatan yang ikhlas. Dengan keikhlasan, hati kita jadi tenteram, tidak ada beban yang begitu berat.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud dengan ikhlas.
  • manfaat ikhlas dalam kehidupan sehari-hari.
  • mengapa kita harus ikhlas.
  • sebutkan manfaat dari ikhlas.