Mengapa Memilih Kertas untuk Kerajinan Bunga?

Kerajinan tangan dapat dibuat menggunakan berbagai macam bahan baku. Salah satu bahan baku yang banyak digunakan adalah kertas. Bisa dengan menggunakan kertas baru maupun kertas daur ulang. Kerajinan kertas ini biasa disebut juga sebagai papercraft. Contoh papercraft yang dapat dibuat adalah dengan bentuk bunga. Terdapat banyak alasan mengapa kertas ini cocok dipilih dalam pembuatan kerajinan bunga. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi limbah kertas

Jika dibandingkan plastik, kertas lebih ramah lingkungan. Kertas dapat didaur ulang untuk mengurangi limbah. Meskipun kertas daur ulang tidak diperbolehkan untuk pengemasan makanan, namun dapat ditujukan untuk keperluan lainnya. Salah satu contohnya untuk kerajinan bunga ini.

2. Membutuhkan modal yang relatif kecil

Peluang kerajinan bunga dari kertas dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang relatif kecil. Dengan menggunakan alat dan bahan yang terdapat di sekitar kita, maka proses pembuatan kerajinan tangan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Alat dan bahan mudah didapatkan

Di pasar, terdapat berbagai macam jenis kertas yang bisa dipilih dalam pembuatan kerajinan bunga. Baik itu kertas baru maupun kertas daur ulang, dapat dengan mudah didapatkan. Di toko kertas, toko buku, percetakan, dan marketplace seperti BukaLapak dan Tokopedia banyak yang menyediakannya. Demikian juga untuk peralatannya, bisa menggunakan yang terdapat di sekitar kita, seperti gunting dan lem.

4. Lebih mudah dibentuk daripada bahan baku lain

Kertas lebih mudah dikerjakan daripada bahan baku lain, misalnya keramik, kayu, dan logam. Meski demikian, berbagai bentuk memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, mulai dari yang tingkat kesulitannya rendah, sedang, hingga yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Diperlukan kesabaran dalam pembuatan kerajinan bunga dari kertas ini.

5. Berbagai teknik pembuatan bisa digunakan

Pembuatan kerajinan bunga dari kertas bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik. Misalnya dengan dilipat, dilengkungkan, ditekuk, dipotong, direkatkan, dicetak, dijahit, dilapisi, dll.

6. Memiliki nilai estetika

Kerajinan apapun sudah pasti harus memiliki nilai estetika. Demikian juga dengan kerajinan bunga dari kertas ini. Berbagai bentuk bunga bisa dibuat, lalu hasilnya dapat dijadikan sebagai hiasan. Alasan lain mengapa kertas dipilih dalam pembuatan kerajinan bunga, juga dikarenakan mempunyai keunggulan yang terletak pada corak dan warna yang khas.

7. Mengembangkan kreativitas

Kerajinan tangan ini bisa digunakan untuk mengembangkan kreativitas. Oleh karena itu, tidak salah jika di beberapa sekolah terdapat pembelajaran seni yang melibatkan pembuatan kerajinan tangan dengan bahan baku kertas.

Penutup

Meski terdapat banyak alasan mengapa kertas dipilih dalam pembuatan kerajinan bunga, namun terdapat beberapa kekurangan yang juga perlu dipertimbangkan. Misalnya adalah kertas kurang memiliki daya tahan pada kelembapan dan mudah robek atau sobek.

Namun bahan baku yang lainnya pun pasti juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, sebaiknya dipertimbangkan menyeluruh mana bahan yang hendak dipilih.

Jika memang ingin menggunakan bahan baku kertas, beberapa jenis kertas untuk papercraft yang dapat dipertimbangkan adalah HVS, Art Paper, Art Carton, Matt Paper, BW Carton, Asturo, Krep, Jasmine, Buffalo, Concorde, dan Kraft.

Biar tidak salah memilih, masing-masing karakteristik kertas bisa dipelajari terlebih dahulu. Jika perlu, sebaiknya memesan sampel satu per satu biar bisa membandingkannya secara langsung untuk memastikan mana yang paling cocok dengan yang diinginkan.