Peralatan TIK dan Fungsinya (Teknologi Informasi Komunikasi)

Peralatan teknologi informasi dan komunikasi adalah alat-alat yang fungsinya bisa digunakan untuk mengolah informasi dan memproses komunikasi. Misalnya pada komputer yang mana penggunaannya bisa untuk keduanya. Yaitu dapat digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Lalu juga dapat dapat digunakan untuk peralatan komunikasi dengan menambahkan jaringan internet. Namun komputer tersebut merupakan salah satu jenis dari banyaknya peralatan lainnya.

Sekarang ini banyak peralatan teknologi informasi dan komunikasi modern dan dengan fungsinya yang begitu beragam. Meskipun bisa dikatakan bahwa komputer merupakan yang paling canggih, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai peralatan lainnya.

Di bawah ini adalah berbagai jenis peralatan teknologi informasi dan komunikasi serta fungsinya.

Peralatan teknologi informasi dan fungsinya

Peralatan teknologi informasi adalah alat-alat yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi, baik itu melalui media elektronik ataupun media cetak.

Berikut adalah beberapa contoh peralatan teknologi informasi dan fungsinya.

1. Komputer

Komputer merupakan rangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan pekerjaan berdasarkan dengan program yang diberikan. Alat ini bisa mengolah data menjadi informasi, lalu juga bisa menyimpannya untuk dapat ditampilkan di lain waktu. Dengan rangkaian peralatan elektronik ini, teknologi komputer bisa menghasilkan informasi berupa tulisan, gambar, suara, video, dll.

Komputer Kantor
Credit: proline-store.com

2. Laptop

Laptop merupakan peralatan yang memiliki fungsi serupa dengan komputer. Namun memiliki bentuk yang lebih simpel, bisa dilipat, dan bisa dibawa. Alat ini menggunakan menggunakan baterai, sehingga bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan listrik secara langsung. Dengan baterai tersebut, alat ini dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu, lalu memerlukan pengisian daya ulang.

Laptop
Credit: Freepik

3. Mesin kasir

Mesin kasir merupakan alat elektronik yang bisa digunakan untuk menghitung transaksi perbelanjaan dan biasanya memiliki laci untuk menyimpan uang. Dengan alat ini, toko, mini market, swalayan, dll bisa menghitung belanja pelanggan dan memberikan informasi pembayaran dengan cepat dan akurat.

Mesin Kasir
Credit: acedepot.com

4. Kalkulator

Kalkulator merupakan alat elektronik yang bisa digunakan untuk perhitungan angka, yaitu dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Alat ini dimaksudkan untuk menghitung dengan lebih cepat dan memperkecil risiko kesalahan penghitungan.

Kalkulator
Credit: AliExpress

5. USB flash drive

USB flash drive merupakan media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus, yang mana penggunaannya dengan dihubungkan ke port USB. Media ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data, baik itu dokumen, foto, suara, video, dll.

USB Flash Drive
Credit: Freepik

6. Kamera digital

Kamera digital merupakan kamera canggih yang hasilnya bisa disimpan untuk bentuk gambar dan video dengan menggunakanmedia penyimpanan digital.

Kamera Digital
Credit: mobile01.com

7. Radio

Radio merupakan peralatan teknologi yang bisa digunakan menerima informasi berupa siaran suara dari stasiun radio.

Radio
Credit: Freepik/Zirconicusso

8. Televisi

Televisi merupakan peralatan teknologi yang bisa digunakan untuk menerima informasi berupa siaran video secara langsung.

Televisi
Credit: Freepik/Zlatko_plamenov

9. Surat kabar

Surat kabar biasa disebut juga sebagai koran, merupakan media cetak yang digunakan penerbit untuk menyampaikan informasi berupa tulisan dan gambar. Media cetak ini biasanya berisi berita-berita baru dengan macam-macam topik.

Surat Kabar
Credit: Freepik/Macrovector

10. Majalah

Majalah merupakan media publikasi yang biasanya diterbitkan secara berkala. Media cetak ini kebanyakan berisi artikel-artikel dari berbagai penulis yang berupa cerita pendek, ulasan, dll.

Majalah
Credit: Freepik

11. Kamus elektronik

Kamus elektronik merupakan alat elektronik yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa.

Kamus Elektronik
Credit: amazon.co.uk

Peralatan teknologi komunikasi dan fungsinya

Jika peralatan teknologi informasi adalah alat-alat yang fungsinya untuk menyimpan dan memperoleh informasi, maka peralatan komunikasi ini bisa mengacu pada alat-alat yang digunakan untuk komunikasi.

Berikut adalah beberapa contoh peralatan teknologi informasi dan fungsinya.

1. Telepon

Telepon merupakan peralatan teknologi yang bisa digunakan untuk komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara.

a. Pesawat telepon

Pesawat telepon yaitu telepon yang biasanya berada di rumah dan di kantor menggunakan kabel jaringan. Telepon ini bisa untuk menyambungkan atau mengalihkan ke telepon lain secara langsung.

Pesawat Telepon
Credit: argos.co.uk

b. Telepon seluler

Telepon seluler biasa disebut juga sebagai telepon genggam, yaitu telepon yang tidak perlu disambungkan ke kabel jaringan dan bisa dibawa ke mana-mana. Telepon ini memiliki 2 jenis, yaitu GSM dan CDMA.

Telepon Seluler
Credit: Stockvault

c. Telepon pintar

Telepon pintar merupakan telepon yang menggabungkan berbagai fungsi dari telepon seluler, PDA, kamera, camcorder, dan komputer. Dengan begitu, alat ini bisa bekerja dengan fungsinya yang sangat banyak, bisa untuk peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Telepon pintar memerlukan sistem operasi khusus, beberapa contoh di antaranya adalah Android, Windows Phone, dan iOS.

Telepon Pintar
Credit: Freepik/Lifeforstock

2. Internet

Internet adalah sistem komunikasi yang terdiri dari komputer dan jaringan komputer dengan saling terhubung, dengan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Jaringan Internet
Credit: alliedcode.com

3. Email

Email merupakan media komunikasi yang bisa digunakan untuk mengirim surat dan data melalui internet. Komunikasi dengan alat ini cepat dan gratis. Beberapa contoh penyedia layanan email gratis, yaitu Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, dll.

Email
Credit: names.co.uk

4. Internet messenger

Internet messenger merupakan alat komunikasi antara satu orang dengan orang lain melalui internet menggunakan program komputer. Komunikasi dengan alat ini dapat dilakukan dengan satu orang ataupun lebih. Bentuk komunikasi internet messenger bisa menggunakan teks, suara, dan video.

Internet Messenger
Credit: Freepik

5. Surat pos

Surat Pos merupakan media pengiriman surat melalui jasa pengiriman paket pos. Komunikasi melalui pengiriman paket pos ini biasanya memerlukan waktu yang cenderung lama dan tidak gratis.

Surat Pos
Credit: Freepik/Yurlick

6. Mesin faks

Mesin faks merupakan alat komunikasi yang digunakan mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

Mesin Fax
Credit: Blibli

7. Radio panggil

Radio panggil dikenal juga sebagai pager, merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek tanpa memerlukan kabel.

Radio Panggil
Credit: interpass.global

8. Walkie talkie

Walkie talkie merupakan alat komunikasi yang bisa menghubungkan 2 orang atau lebih menggunakan gelombang radio. Alat ini kebanyakan bisa digunakan untuk berbicara dan mendengar. Namun pembicaraan 2 arah tersebut harus secara bergantian. Walkie talkie biasanya digunakan oleh pihak kepolisian ketika di lapangan.

Walkie Talkie
Credit: lazada.co.ph

9. Modem

Fungsi modem adalah untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi ke sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Lalu demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima, lalu informasi yang dikirimkan bisa diterima.

Modem
Credit: Freepik/Jannoon028

Penutup

Beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut bisa saling melengkapi untuk memaksimalkan fungsinya. Penggabungan peralatan teknologi dan informasi yang dapat digunakan tersebut biasa disebut sebagai konvergensi. Konvergensi peralatan teknologi diharapkan bisa untuk melakukan pekerjaan apapun.