Kertas Manila dan Karton Apakah Sama atau Beda ya?

Apakah Kertas Manila sama dengan Kertas Karton? Baik itu Kertas Manila maupun Kertas Karton, keduanya memiliki kesamaan sebagai kertas yang lebih tebal daripada kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk keperluan menulis. Namun keduanya juga memiliki perbedaan antara Kertas Manila dan Karton, yaitu sebagai berikut.

Perbedaan Kertas Manila dan Karton adalah Karton merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan kertas-kertas yang cenderung tebal dan memiliki gramasi lebih dari 200 gsm. Sedangkan Kertas Manila merupakan jenis kertas yang dibuat dari serat manila, yaitu serat yang didapat dari batang pisang manila.

Jika Kamu ingin mengetahui perbedaan lebih lanjut antara keduanya, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Kertas Manila dan Karton

Kertas Manila

Kertas Manila memiliki beragam warna yang bisa dipilih. Jika dibandingkan dengan HVS, kertas ini lebih tebal dan bisa lebih tahan lama. Lalu dengan mengacu keterangan di atas, Kertas ini yang memiliki gramasi di atas 200 gsm pun bisa disebut sebagai Karton.

Bagi percetakan, kertas ini biasanya digunakan untuk kertas sertifikat, bisa ditujukan untuk sertifikat yang masih perlu ditandatangani. Karena Manila mudah menyerap tinta printer maupun pulpen. Lalu beberapa penggunaan lain bisa ditujukan untuk cetak kartu, undangan, dan map.

Namun tidak sekadar untuk percetakan, kertas ini juga bisa digunakan sebagai alternatif bahan baku untuk membuat kerajinan tangan karena memiliki beragam warna. Beberapa warna yang populer antara lain adalah warna putih, merah muda, biru, hijau, hitam, dan kuning. Warna dasar yang dimiliki kertas ini sangat solid. Namun jika untuk keperluan menulis, tentu bisa memilih yang warna putih untuk memudahkan menyerap tinta hitam pulpen.

Kertas Karton

Mengacu pada keterangan di atas, Kertas Karton adalah kertas yang memiliki gramasi 200gsm. Maka kertas apapun yang memiliki gramasi di atas 200gsm bisa kita sebut sebagai Karton. Dengan demikian, Kertas Manila yang memiliki gramasi demikian juga bisa dikategorikan sebagai Karton.

Contoh lain dari kertas ini adalah Kertas Duplex, Art Carton, Ivory, Corrugated, dan banyak lagi.

Karton ini bisa digunakan untuk box kemasan dan paper bag. Karena bahan berbasis kertas ini ringan namun kuat. Maka dapat dengan mudah dipotong dan dimanipulasi untuk membuat pola dan diubah ke bentuk khusus.

Kertas Karton juga banyak digunakan untuk kartu, sampul buku, poster, dan beberapa proyek cetak lain yang memerlukan daya tahan untuk penggunaan jangka panjang.

Penutup

Perbedaan Kertas Manila dan Karton adalah pada istilah, yang mana Karton sangat luas dan banyak jenisnya. Bahkan Manila pun bisa dikelompokkan sebagai Karton.

Jadi kesimpulan perbedaan keduanya sederhana, yaitu Karton memiliki banyak jenis dan Manila merupakan salah satunya.