Reklame: Pengertian dan Jenis Berdasarkan Tujuan, Sifat, Tempat, Media

Apa itu reklame?

Istilah reklame ini tidak sama dengan papan reklame atau yang secara Bahasa Inggris biasa disebut juga dengan billboard, namun keduanya biasa diartikan sama oleh banyak orang. Tidak heran, karena papan reklame merupakan salah satu dari jenis media reklame. Namun selain papan reklame banyak media lainnya. Lalu apa itu reklame?

Pengertian reklame menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame diartikan sebagai berikut.

Reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku. Lebih lanjut KBBI juga mengartikan reklame sebagai iklan.

Reklame banyak yang dibuat bukan sekadar untuk menarik perhatian. Melainkan juga digunakan untuk memengaruhi orang untuk membeli atau menggunakan produk yang disampaikan, baik itu barang ataupun jasa.

Lalu pada penggunaan yang lebih luas lagi, reklame juga dibuat untuk pemberitahuan yang disampaikan kepada umum yang tidak terbatas pada barang dagangan. Namun juga bisa untuk keperluan non komersial, seperti imbauan, peringatan, dan iklan layanan masyarakat.

Macam-macam reklame

Macam-macam jenis reklame dapat dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Jenis reklame berdasarkan tujuannya

Berikut di sebutkan dua jenis reklame berdasarkan tujuannya.

a. Reklame komersial

Reklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk keperluan bisnis, yang mana ditujukan untuk mencari keuntungan.

b. Reklame non komersial

Reklame non komersial adalah reklame yang bersifat untuk kepentingan umum, yang mana tujuannya tidak untuk mencari keuntungan. Melainkan untuk imbauan dan iklan layanan masyarakat.

2. Jenis reklame berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya reklame terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

a. Reklame peringatan

Reklame peringatan adalah reklame yang memiliki sifat berupa peringatan untuk melakukan sesuatu. Semisal reklame untuk tertib lalu lintas.

b. Reklame penerangan

Reklame penerangan adalah reklame yang informasinya berupa pemberitahuan ke masyarakat umum. Semisal reklame informasi tentang kesehatan.

c. Reklame ajakan atau permintaan

Reklame ajakan atau permintaan adalah reklame yang bersifat mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti suatu imbauan. Semisal reklame donor darah.

3. Jenis reklame berdasarkan tempatnya

a. Reklame indoor

Reklame indoor adalah reklame yang tempat pemasangannya berada di dalam ruangan. Jenis reklame ini biasanya berukuran kecil dan kebanyakan dibuat dari bahan kertas. Contohnya brosur dan pamflet.

b. Reklame outdoor

Reklame outdoor adalah reklame yang tempat pemasangannya berada di luar ruangan. Jenis reklame ini biasanya berukuran besar dan kebanyakan dibuat dari bahan banner yang tahan air dan sinar matahari. Contohnya baliho dan billboard.

4. Jenis reklame berdasarkan medianya

a. Reklame audio

Reklame audio adalah reklame yang informasinya disampaikan melalui suara, baik itu langsung ataupun tidak langsung. Reklame audio biasanya disampaikan melalui radio.

b. Reklame visual

Reklame visual adalah reklame ujan informasinya disampaikan melalui visual atau gambar. Contohnya adalah brosur, pamflet, poster, banner, billboard, embalase, baliho, dll.

i. Brosur

Brosur merupakan reklame yang digunakan sebagai media promosi. Reklame ini dibuat dari selembar kertas berupa informasi yang singkat dan padat. Informasi bisa berupa iklan produk atau layanan perusahaan, organisasi, dan informasi lainnya

ii. Pamflet

Pamflet adalah jenis reklame yang dilipat menjadi 3 atau 4 bagian. Lipatan dan halamannya bisa dibuat dengan macam-macam model, disesuaikan dengan ukuran pamflet. Sedangkan jenis reklame visual yang berbentuk buku kecil adalah buklet.

iii. Poster

Poster merupakan reklame yang biasa ditempelkan ke media dinding atau media lainnya yang memiliki permukaan vertikal. Sekarang ini, bahan poster banyak yang menggunakan stiker dan bahan lain yang memiliki perekat di belakangnya. Namun bisa juga menggunakan kertas atau bahan lain yang diberi perekat manual.

iv. Banner

Banner umumnya mengacu pada reklame berbentuk segi empat yang membentang secara vertikal. Banner memiliki banyak jenis, misalnya standing banner, spanduk, backdrop portable, dll.

v. Billboard

Billboard merupakan reklame yang biasanya berukuran besar dan dipasang dengan papan. Papan ini bisa dibuat dari bahan kayu, besi, ataupun bahan lainnya. Di sepanjang jalan perkotaan biasanya banyak ditemukan papan reklame ini dan menarik perhatian pengendara maupun pejalan kaki.

vi. Embalase

Embalase merupakan jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk. Embalase ini dapat ditujukan untuk menarik perhatian ketika produk berada di rak toko dan untuk memberikan informasi produk.

c. Reklame audio visual

Reklame audio visual dan audio visual merupakan jenis reklame menurut medianya. Reklame audio visual menyampaikan informasi dengan menggabungkan unsur-unsur gambar dan suara. Contohnya adalah iklan di televisi dan iklan di YouTube.