Tips Sebar Brosur yang Efektif di Lokasi Strategis

    Ribuan brosur tidak akan ada gunanya jika tidak disebarkan dengan bijak. Penyedia jasa sebar brosur sekalipun tidak mengembalikan bujet promosi Kamu jika mereka tidak memiliki pengarahan yang benar. Namun tentu mereka memiliki strategi dan berupaya menerapkannya untuk menemukan audiens yang ditargetkan.

    Tetapi jika Kamu ingin menyebarkan brosur tanpa menyewa jasa sebar brosur. Maka tips sebar brosur yang efektif di lokasi strategis ini bisa Kamu terapkan. Tentu tidak semuanya berlaku untuk semua orang. Namun Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa dari tips di bawah ini yang sesuai dengan karakteristik bisnis Kamu.

    1. Tempatkan di lokasi calon pelanggan potensial berada

    Sebar brosur dapat dikatakan efektif jika bisa menjangkau audiens yang ditargetkan. Misal jika bisnis Kamu adalah jasa perbaikan mobil, maka Kamu dapat menempatkan brosur di lokasi pencucian mobil.

    2. Pilih lokasi di mana orang menghabiskan waktu

    Brosur yang didesain dengan informatif bisa menjadi bacaan di ruang tunggu. Tempat di mana orang menunggu untuk waktu yang lama adalah lokasi yang efektif untuk brosur Kamu.

    3. Masukkan brosur ke bahan alat promosi yang berkaitan  

    Majalah bisa menjadi tempat untuk menempel brosur. Misalnya jika bisnis Kamu jasa perbaikan mobil, Kamu bisa menempelkannya di majalah otomotif.

    4. Lampirkan brosur di dalam kemasan paket

    Jika bisnis Kamu melibatkan pengiriman produk ke pelanggan, Kamu bisa melampirkan brosur di dalam paket yang dikemas. Namun brosur yang dilampirkan sebaiknya adalah yang memiliki informasi yang berhubungan dengan produk. Misalnya Kamu dapat menawarkan variasi produk lain dari produk yang dikirim, yang mungkin pelanggan bisa memesannya di waktu berikutnya.

    5. Berkoordinasi dengan mitra bisnis

    Kamu dapat manfaatkan koneksi bisnis dan kemitraan Kamu untuk dapat memperluas jangkauan pelanggan. Dapat dengan berkoordinasi dengan mereka untuk menghemat biaya pemasaran. Misalnya Kamu dapat menanyakan apakah mereka bisa meletakkan brosur Kamu di tokonya, lalu sebaliknya Kamu dapat melakukan demikian di toko Kamu. Tentu bisnis Kamu tidak serupa dengan mitra dan bahkan mungkin tidak relevan. Misalnya brosur perbaikan mobil ditempatkan di toko baju. Namun mungkin bisa Kamu terapkan jika sedang menjangkau audiens yang lebih luas.

    6. Sebar brosur di lokasi pameran dagang

    Pameran dagang biasanya menjadi ruang bisnis bagi banyak perusahaan dan pelanggan. Brosur yang dibagikan di lokasi pameran dagang biasanya cenderung dibaca. Namun jika Kamu menghadiri pameran dagang, Kamu harus memiliki alat pemasaran bukan hanya brosur. Misalnya bisa dengan memasang standing banner.

    7. Sebar brosur di pusat perbelanjaan

    Tentu ada banyak pengunjung di pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, mungkin Kamu dapat menargetkan audiens di pusat perbelanjaan.Kamu bisa diskusi dengan pengelola pusat perbelanjaan untuk membuat perjanjian untuk memajang brosur di tempat mereka. Mungkin Kamu perlu membayar biaya tertentu untuk mereka, biaya untuk mengelola dan menjaga kebersihan serta keamanan ruang mereka.

    8. Sebar brosur di acara-acara

    Jika menyebarkan brosur di acara-acara bisa membantu bisnis Kamu. Maka Kamu memiliki banyak kesempatan untuk mempresentasikan produk atau layanan kepada audiens. Kendati Kamu bukan pemilik acara, Kamu bisa bernegosiasi dengan penyelenggara untuk menyebarkan brosur Kamu.

    9. Bagikan di waktu yang tepat

    Kapan Kamu perlu membagikan brosur ke tangan pelanggan? Misalnya jika Kamu mengiklankan untuk liburan, maka harus dibagikan beberapa minggu sebelum liburan. Dengan begitu, orang akan lebih tanggap pada waktu-waktu tertentu.

    10. Perhatikan kebijakan publik lokal

    Banyak tempat untuk sebar brosur. Beberapa tempat juga memiliki papan iklan publik dan Kamu bisa memajang brosur di majalah dinding. Namun upayakan selalu perhatikan kebijakan publik setempat sebelum Kamu mulai menyebarkan brosur. Usahakan untuk menghindari lingkungan yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan publik.

    11. Sebar brosur versi digital

    Kendati sebar brosur di ruang publik memastikan dia diterima. Teknologi saat ini menjadikan versi digital dari macam-macam alat promosi adalah penting. Brosur digital mungkin tidak memiliki dampak awal yang dimiliki oleh brosur cetak, tetapi dapat diakses oleh pengguna internet dengan jumlahnya yang tidak terbatas. Brosur digital dapat disebarkan di akun media sosial dan blog untuk memungkinkan mengenalkan produk kepada pengguna internet.