Aneka Software Desain Grafis Populer di Indonesia

Perkembangan teknologi telah mengubah cara kita untuk mengerjakan hampir setiap pekerjaan yang ada. Tidak terkecuali untuk seni. Apa yang biasanya dilakukan oleh para seniman dengan menggunakan pensil dan kertas, sekarang dapat dilakukan dengan software komputer. Di bawah aneka software untuk desain grafis yang populer di Indonesia.

Daftar Isi:

1. Adobe Creative

Jika Kamu memerlukan software desain grafis profesional, maka Adobe Creative dapat menjadi pilihan utama. Di dalam paket Adobe ini menyediakan banyak software grafis. Namun tentu jika belum pernah menggunakannya, software ini memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Adobe Creative dapat dimulai dengan uji coba gratis selama 30 hari. Lalu setalah uji coba berakhir perlu membayar untuk dapat meneruskan pemakaian standar. Di bawah ini adalah aneka software dari paket Adobe.

A. Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah software desktop publishing (DTP) untuk membuat selebaran, brosur, majalah, surat kabar, dan buku. Proyek yang dibuat menggunakan InDesign dapat disimpan dalam format digital maupun untuk dicetak. Software ini sangat populer di kalangan desainer grafis, seniman, penerbit, dan artis.

Di Indonesia, tampaknya InDesign menjadi standar industri untuk desain yang digunakan oleh banyak perusahaan percetakan dan penerbitan. Software ini dapat digunakan bersama dengan software lain yang merupakan bagian dari Adobe CS, Illustrator dengan Photoshop. Namun dapat juga digunakan sendiri.

Gambar dan ilustrasi satuan biasanya tidak dibuat di InDesign, namun dibuat di software lain. Lalu ketika ingin menyusun tata letak, maka menggunakan InDesign menata letak gambar dan ilutrasi tersebut di halaman desain. Software ini sangat berguna untuk desain yang berisi banyak halaman dan tata letak yang menggabungkan banyak teks dan gambar.

Antarmuka Adobe InDesign
Image credit: helpx.adobe.com

B. Adobe PhotoShop

Adobe Photoshop adalah software desain grafis untuk mengedit gambar dan manipulasi foto. Software ini merupakan alat penting bagi desainer, pengembang web, seniman grafis, dan fotografer. Adobe Photoshop menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk membuat, meningkatkan, dan mengedit gambar bitmap.

Membuat grafik, mengubah latar belakang, dan menghapus benda di foto juga dimungkinkan dengan software ini. Tentu Adobe PhotoShop jauh berbeda dengan fitur pengeditan sederhana pada kamera smartphone. Software ini ditujukan bagi profesional untuk produksi gambar berkualitas tinggi.

Antarmuka Adobe PhotoShop
Image credit: helpx.adobe.com

C. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah software desain grafis untuk membuat gambar, ilustrasi, dan karya seni dengan format vektor. Software ini sangat populer untuk membuat logo perusahaan dan membuat ikon untuk aplikasi atau situs web.

Salah satu fitur terpenting Adobe Illustrator adalah karya seni yang dibuat dengan format vektor, maka gambar tidak tergantung pada resolusi. Dengan begitu, gambar dapat diperbesar atau dikurangi tanpa memengaruhi atau menurunkan kualitas gambar.

Antarmuka Adobe Illustrator
Image credit: blogs.adobe.com

D. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver adalah software desain untuk membuat halaman situs web baru, mengelola situs yang ada, dan menulis maupun mengedit kode. Software ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan halaman situs web ketika menulis kode baru.

Antarmuka Adobe Dreamweaver
Image credit: helpx.adobe.com

2. CorelDRAW

Corel Corporation merilis dan mengembangkan software desain grafis yang disebut CorelDRAW. CorelDRAW merupakan pengolah gambar vektor yang serupa dengan Adobe Illustrator. Software ini menyediakan banyak fitur bagi pengguna untuk mengolah gambar. Fitur-fitur yang disediakan termasuk untuk penyesuaian kontras, penyeimbangan warna,dan menambahkan efek-efek khusus. CorelDRAW juga mampu bekerja dengan beberapa halaman.

Software desain grafis ini awalnya dirilis pada Januari 1989 yang berjalan pada sistem operasi Windows. Sekarang ini CorelDRAW masih digunakan oleh banyak orang. Software ini diperuntukkan bagi sistem operasi Windows. Ada beberapa rilis untuk Mac, namun karena penjualan yang kurang mengakibatkan diberhentikan versi tersebut.

Antarmuka CorelDRAW
Image credit: YouTube

3. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

GIMP merupakan software desain grafis untuk editing gambar bitmap yang open source. Software ini bisa didownload legal secara gratis di internet. Dengan demikian, dapat dijadikan alternatif untuk Adobe PhotoShop. GIMP kompatibel dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Software ini memiliki banyak fitur untuk dapat memanipulasi gambar dan berkreasi penuh dengan unsur-unsur desain grafis. GIMP mudah digunakan dan mendukung banyak format file populer. Jika Kamu baru memulai, maka bisa menjadikannya software grafis pertama Kamu.

Antarmuka GIMP
Image credit: gimp.org

4. Inkscape

Inkscape merupakan software desain grafis untuk editing gambar vektor yang open source. Software ini bisa didownload legal secara gratis di internet. Inkscape bisa menjadi alternatif untuk CorelDRAW dan Adobe Illustrator. Software ini kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux.

Inkscape memiliki interface yang relatif sederhana dan fleksibel untuk berkreasi dengan vektor. Software ini memungkinkan kita untuk membuat objek, memanipulasi objek, dan mengelolanya. Format utama dari Inkscape adalah SVG, namun juga memungkinkan untuk ekspor ke format lain, PNG, PDF, dan EPS.

Antarmuka Inkscape
Image credit: inkscape.org

5. Affinity

Affinity menyediakan dua program dengan Affinity Photo dan Affinity Designer. Interface dari software desain ini tampak begitu modern. Namun Affinity bukan software desain gratis, kroscek pada 12 April 2019 masing-masing memiliki harga $50.

Dengan dua program masing-masing juga memiliki spesialisasi. Affinity Photo difokuskan untuk pengeditan foto. Sedangkan Affinity Designer difokuskan untuk pekerjaan desain grafis branding, konsep seni, proyek percetakan, ikon, dan mockup web.

Antarmuka Affinity
Image credit: affinity.serif.com

6. Canva

Canva adalah platform berbasis cloud yang memungkinkan untuk membuat desain grafis dengan mudah. Software ini dapat dengan mudah digunakan oleh pemula memulai proyek desain ataupun profesional untuk desain apapun.

Canva menawarkan alat yang sederhana namun serbaguna. Kamu dapat membuat apa saja dari desain, presentasi, hingga infografis. Software ini dilengkapi dengan banyak vektor dan foto yang dapat dipilih. Dapat juga digunakan dengan konten Kamu sendiri. Di dalamnya juga disediakan ikon gratis, filter foto, dan koleksi font yang sangat banyak.

Antarmuka Canva
Image credit: Canva