Cara Atur Ukuran Kertas A5 dalam Microsoft Word

Ukuran kertas default dalam Microsoft Word adalah A4, jika ingin mengubah ke A5, maka perlu melakukannya secara manual. Ukuran A5 ini merupakan setengah ukuran dari A4. Biasanya ukuran ini digunakan untuk buku catatan dan brosur.

Jika Kamu ingin mengubah ukuran dalam Microsoft Word ke A5, pastikan Kamu memiliki kertas A5 di printer. Jika belum, maka bisa memesannya di toko kertas atau bisa juga memotong kertas A4 menjadi dua bagian. Namun jika Kamu menggunakan jasa cetak di toko percetakan atau fotokopi, tentu cukup menyiapkan file saja.

Ukuran kertas A5

1. Dalam sentimeter adalah width 14,8 cm dan height 210 cm.
2. Dalam milimeter adalah width 148 mm dan height 210 mm.
3. Dalam inci adalah width 5,8 in dan height 8,3 in.

Dengan mengacu daftar di atas, Kamu bisa memilih salah satu untuk dimasukkan ke Microsoft Word.

Ukuran kertas A5 dalam Microsoft Word

1. Pada halaman kerja Microsoft Word pilih menu Page Layout.

Page Layout Microsoft Word
Page Layout

2. Pilih Size, lalu arahkan ke bawah untuk memilih opsi ukuran.

3. Jika Kamu tidak melihat A5 atau ukuran kertas lain yang diinginkan, maka bisa memilih opsi More Paper Sizes.

More Paper Sizes Microsoft Word
More Paper Sizes

4. Lalu memasukkan ukuran A5 atau ukuran lain yang diinginkan secara manual pada Paper size. Dengan cara mengubah kolom Width dan Height. Misalnya untuk A5, bisa dengan Width 14,8 cm dan Height 21 cm.

Page Setup A5 Microsoft word
Page Setup A5

5. Lalu klik OK untuk mengkonfirmasi dan menyimpan perubahan.

Cara mengatur ukuran kertas dalam Microsoft Word tersebut bisa diterapkan pada versi 2007, 2010, 2013, dan 2016. Tentu dari segi tampilannya masing-masing tampak berbeda, namun intinya adalah sama. Yaitu melalui menu Page Layout > Size > More Paper Sizes > Paper sizes > lalu mengubah kolom Width dan Height.

Penutup

Ukuran kertas A5 ini kebanyakan digunakan untuk media cetak dalam keperluan bisnis dan dibuat dengan software desain grafis. Jika Kamu memerlukan untuk keperluan pribadi maupun keperluan lainnya, maka sebaiknya mengaturnya dari awal biar ukurannya proporsional. Jika tidak, ketika proses cetak, tulisan dan gambar bisa mengalami perubahan. Bisa tidak proporsional, terlalu kekecilan, terlalu kebesaran, tidak full di kertas, dan sebagainya. Baik menggunakan software desain grafis ataupun software pengolah kata, ukuran kertas bisa diatur untuk mendapatkan hasil cetak yang sesuai.